Tuesday, November 13, 2012

yang salah itu otak lo, pak!


gw punya kenalan seorang bapak. umurnya sekitar 40an menuju 50, mungkin di antara 46 atau 47 tahun. ada sesuatu yang cukup "unik" dari bapak ini. karena dia orangnya curigaan banget, banyak hal yang di terima di idpnya dianggep sebagai sesuatu yang jelek, atau negatif. kadang sampe capeeeeee banget kalo dengerin respon dia terhadap suatu cerita. 
misalnya aja nih yah, kalo pegi karaoke dibilang ga bener, main billiard tempat orang nakal, cewe tattoan berarti cewe murahan, orang rambut gondrong berarti gak ada arah idup, kalo nginep kemana-mana sama gak bagus. dan semuanya tanpa alasan yang jelas. 

usut punya usut, melalui informasi yang didapat dari pihak terpercaya, ternyata si bapak ini adalah orang yang cukup "nakal" di beberapa masa hidupnya (atau mungkin sampe sekarang masih). dia judi, dia suka karaoke plus-plus, dia suka dugem, dan dia suka pulang pagi dan pernah main cewe. dia pernah hidup di lingkungan orang berambut gondrong yang kerjaannya mabok-mabokan atau cewe-cewe tattoan yang kerjanya nawarin diri ke om-om. 

begitu tau hal ini, gw gerah banget. aneh. dia yang nakal, dia yang ga bener, dia yang gak beres, tapi kenapa jadi orang-orang di sekitar dia yang kena imbas? kasian terutama gw jatuh ke anak-anaknya yang selalu dicurigain setiap mereka lakuin sesuatu. anak-anaknya sering cerita ke gw, katanya mereka berasa di penjara, mau ngapa-ngapain susah, bahkan untuk berkreasi pun susah. ibaratnya kaya dikasi rantai kakinya, tapi rantainya panjaaaang banget. bisa kemana-mana tapi terbatas. mereka muak sama keadaan, tapi mereka cuma bisa diem dan mendem kekesalan dalem hati. 
kalo ditanya alasan dia, katanya gak mau anak-anaknya jadi begitu. beh. pertanyaan gw, emang anak-anaknya mau dan berniat jadi begitu?

it is just.. funny. yeah, funny. ini lucu banget. si bapak ini merefleksikan semua orang ke cerminan dirinya yang rusak, akibatnya semua pantulannya juga jadi keliatan rusak. menurut gue, ketika seseorang mau berbuat hal yang nakal ato gak beres, gak harus di tempat-tempat yang aneh-aneh kok. 
let say, kalo ngedrugs dan mabok-mabokan bisa dilakuin dimana aja, ga harus di club. freesex ga harus dalem konteks nginep, bisa aja dilakuin siang-siang kan? there's always a way kalo lo emang pengen lakuinnya. 
buat gue, clubbing bukan berarti cewe nakal ato cowo mesum, punya temen cowo banyak bukan berarti cewe murahan, tattoan cuma salah satu cara mencintai seni, karaoke-billiard cuma permainan dan seneng-seneng. gak ada yang salah sama itu semua. yang salah cuma otaknya aja yang nganggep semua negatif. jadi seharusnya bapak ini beresin otaknya sebelum ngeliat orang lain. 


otak lo, pak! otak lo!




0 comments:

Post a Comment